Minggu, 19 Juni 2011

Bag Camp

Menarik bila kita perhatikan, ide kreatif dapat muncul pada masa yang berbeda. Kreasi tersebut dipengaruhi dengan trend, kemampuan manufaktur, kebutuhan, serta teknologi bahan pada masa itu. Berikut adalah salah satu contoh dari evolusi ide yang saya maksud, bagaimana ide menggabungkan tenda dengan tas untuk membawanya berkembang dari masa ke masa.
Tenda di atas adalah sebuah tenda yang dikombinasi dengan tas ransel sebagai penyimpannya, dipatenkan oleh Ken Rowe pada tahun 1994. Tenda yang dibuat berbentuk tenda yang tradisonal (nomenklatur sesuai dengan ABC of Hiking)
Pada tahun 2007, Galen Robbins Bench (orang USA yang kelihatannya tinggal di Surabaya) mempatentkan tenda berbentuk wedge tent yang lebih moderen dengan sebuah ransel, serta terlihat lebih menjanjikan proses pemasangan yang jauh lebih sederhana dibandingkan milik Ken Rowe, yang oleh sebab itu diberi nama sebagai emergency tent.
Tenda di atas membawa desainernya, Muhamad Rois Abidin asal Blitar. menjadi pemenang Black Innovation Awards 2009. Tenda berbentuk hoop tent digabung dengan sebuah tas ransel yang modern. Sebagian dari tas ransel menjadi bagian yang tidak terpisahkan dari tenda, terutama sebagai pemegang tali dan membentuk struktur.
Produk di atas adalah finalist dari kompetisi desain 1 hour design dari Core 77 pada bulan Maret 2010. Didesain oleh Derek Crenshaw dan diberi nama SOS Quick Shelter. Bentuk tendanya hampir mirip dengan milik Rois, hanya proses pemasangan tenda di sederhanakan dengan pemasangan pasak di sekeliling tenda.
Karya  Ki-woong baek dan Sim so jeong dari Korea untuk kompetisi desain Designboom. Tidak disebutkan apakah tas menempel dengan tenda atau tidak, namun di bandingkan dengan tenda lain di atas, pemasangan tenda ini sangat sederhana, hanya dengan memanfaatkan kerangka dari ransel yang berfungsi sebagai penyangga serta untuk menancapkan ke tanah




0 comments:

Posting Komentar